Categories
Berita

Ingin Kuliah S2 di Jerman? Apply 3 Beasiswa Jerman S2 Ini

Banyak pelajar internasional yang memilih Jerman sebagai negara tujuan studi mereka karena Jerman memiliki kualitas pendidikan yang baik dan biaya pendidikan yang lebih murah dibandingkan negara Eropa lainnya.

Beberapa kelebihan mengambil program master di Jerman antara lain gelar Master Jerman bisa langsung disetarakan dengan gelar Magister di Indonesia, Sarjana S1 dari Indonesia disetarakan dengan
Bachelor dari negara lainnya jadi kesempatan untuk mendaftar master cukup tinggi, serta program master di Jerman banyak yang tersedia dalam bahasa Inggris atau setidaknya kombinasi antara bahasa Jerman dan bahasa Inggris.

Baca Juga: 4 Tips Mencari Catering Enak

Selain itu fasilitas pendidikan yang memadai dan fasilitas publik yang ramah untuk pelajar membuat Jerman menjadi negara dnegan mahasiswa internasional terbanyak di Eropa. Walaupun kuliah S2 di Jerman tidak digratiskan seperti kuliah S1, namun tetap saja biaya kuliah S2 di Jerman lebih terjangkau dibandingkan di negara Eropa lainnya.

Ingin Kuliah S2 di Jerman? Apply 3 Beasiswa Jerman S2 Ini

Bahkan tersedia berbagai program beasiswa Jerman S2 yang memberikan kesempatan calon mahasiswa internasional untuk kuliah di Jerman. Jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa S2 di Jerman, simak informasi mengenai beasiswa kuliah S2 di Jerman berikut ini.

  1. Heinrich Boll Foundation Scholarship

Beasiswa Heinrich Boll Foundation menawarkan beasiswa untuk jenjang S2 dan S3 untuk para pelajar yang berasal dari negara – negara non Uni Eropa. Sedangkan beasiswa jenjang S1 diperuntukkan bagi pelajar di negara Uni Eropa.

Beasiswa Heinrich Boll Foundation bisa berupa tunjangan per bulan sejumlah 850 Euro serta tunjangan pribadi lainnya. Hanya saja, beasiswa ini tidak menanggung biaya perkuliahan di universitas. Jadi kamu harus membayar sendiri biaya perkuliahan atau bisa mencari sumber pendanaan lainnya.

Pembukaan beasiswa ini diadakan 2 kali dalam tiap tahun. Pendaftaran dilakukan online mlalui situs resmi Yayasan Heinrich Boll Foundation. Syarat umum untuk mendaftar beasiswa ini yaitu kamu telah menyelesaikan gelar sarjana, memiliki kemampuan bahasa Jerman minimal level B2.

Untuk mendaftar beasiswa Heinrich Boll foundation, berkas – berkas yang perlu kamu persiapkan antara lain formulir pendaftaran, salinan ijazah yang dilegalisir dan terjemahannya dalam bahasa Inggris atau Jerman, sertifikat bahasa Jerman DSH level 2 atau TestDaf level B2, dan surat rekomendasi dari Profesor atau atasan di tempat kerja. Ketentuan lainnya bisa kamu baca www.boell.de/en/scholarships-application.

  1. Beasiswa DAAD

Beasiswa DAAD merupakan beasiswa yang berasal dari lembaga Jerman yang bergerak di bidang pendidikan. Beasiswa ini tersedia dalam beberapa program serta jurusan. Salah satu program yang ditawarkan adalah Helmut – Schmidt Programme.

Program beasiswa Jerman S2 ini merupakan program beasiswa kebijakan publik dan tata kelola pemerintahan yang terbuka untuk lulusan sarjana atau yang sudah bekerja.

Selain menanggung biaya perkuliahan, beasiswa ini juga memberikan tunjangan sebesar 850 Euro per bulan, memberikan tunjangan perjalanan, subsidi dan riset, subsidi biaya tempat tinggal, serta tunjangan keluarga untuk istri dan anak jika diperlukan.

Biasanya sebelum menjalani program master, penerima beasiswa akan difasilitasi kursus bahasa Jerman selama 6 bulan.

Selain beasiswa Helmut – Schmidt Programme, DAAD juga menawarkan beasiswa Development-Related Postgraduate Courses (EPOS). Informasi lengkap mengenai beasiswa ini bisa kamu baca di situs resmi DAAD https://www.daad.id/en/.

  1. Beasiswa Riset Yayasan Alexander von Humboldt

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin kuliah S2 di Jerman melakukan riset di bidang tertentu. Informasi mengenai persyaratan dan pendaftaran beasiswa riset Yayasan Alexander von Humboldt ini bisa kamu melalui situs resmi www.funding-guide.de.

Untuk bisa kuliah di Jerman, kamu tidak perlu menggunakan agen. Cukup mengikuti kursus bahasa Jerman di Virtu Education kamu akan mendapatkan berbagai informasi mengenai kuliah di Jerman, biaya hidup di Jerman. Bahkan kamu bisa berkonsultasi secara gratis di Virtu Education, kunjungi situs resminya www.virtueducation.org.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *