Categories
Berita

Membangun Peta dari Komunitas Via WA WEB

A kuisisi Nokia Mobile & Service oleh Microsoft pa- da beberapa tahun lalu menjadi langkah awal divi- si HERE Maps untuk lebih mengembangkan peta buatannya. Selain Field Team yang mengumpul- kan data secara langsung di lapangan yang selalu menangkap objek secara langsung, pengembangan peta HERE melibatkan komunitasnya. Oleh sebab itu, peran komunitas dalam membangun peta ini sangat besar, terutama untuk daerahdaerah pelosok yang masih jauh dari peradaban kota besar. Komunitas inilah yang rajin meng-update data peta setiap saat guna membuat peta HERE lebih lengkap dan detail. Aktivitas Souring and Community di Nokia HERE ini langsung ditangani oleh Alam Primanda yang sekaligus menjadi jembatan untuk komunitas HERE Expert di Indonesia.

Komunitas HERE Expert ini kontribusinya sudah sangat banyak. Terbukti selama komunitas HERE Expert berada (sekitar awal tahun 2013) sampai akhir tahun 2014, mereka telah menghasilkan data kurang lebih sekitar 285 ribu Point of Interest (POI) dan 16800 km jalan di Indonesia dari 1232 user yang selalu aktif. Data sebanyak itu masih dilengkapi lagi dengan berbagai nomor rumah di setiap area yang disurvei. Latar belakang anggota komunitas Komunitas HERE Expert Indonesia juga bisa di akses via whatsapp web yang terdiri dari berbagai macam jenis pekerjaan. Ada yang berprofesi sebagai blogger, akademisi, hingga masyarakat biasa. Untuk mendorong anggota komunitas agar tetap aktif dan berkontribusi, selain membuat beberapa event dan workshop, Nokia HERE juga membuat badges program, di mana anggota komunitas akan memperoleh badge untuk setiap kontribusi yang dilakukan.

Anggota komunitas yang berkontribusi secara signifikan akan direkomendasikan menjadi Map Master yang dipilih dua kali dalam setahun. Ada banyak keuntungan ketika menjadi Map Master, seperti menjadi pembicara atau tamu di event HERE, hingga mewakili Indonesia di event regional HERE Expert Community South East Asia. Dan Saat ini Indonesia telah memiliki 10 Map Master yang tersebar di banyak kota di Indonesiaā€¯. Dalam mengumpulkan data peta, anggota komunitas tidak direpotkan oleh banyak hal. Mereka cukup registrasi ke Facebook Group HERE Expert Community Indonesia, lalu menggunakan aplikasi HERE Map Creator yang disediakan di alamat mapcreator.HERE.com.

Bentuk data bisa dalam format koordinat, gambar, foto, hingga nomor rumah. Setelah data masuk ke dalam database HERE, data ini akan diverifikasi oleh anggota lainnya. Biasanya proses verifikasi ini melibatkan anggota HERE yang berada di universitas-universitas ternama di Indonesia, seperti ITS, ITB, UI, UnDip, dan UGM. Tidak jarang para anggota komunitas menemui banyak hambatan saat mengumpulkan data, seperti medan yang berat atau dari pemilik rumah yang tidak suka rumah mereka dicatat. Setelah data diverifikasi kebenarannya, anggota komunitas tersebut tentu bagde-nya akan meningkat. Dan langkah selanjutnya, Nokia HERE menurunkan Field Team untuk melakukan proses verifikasi lapangan dengan bantuan berbagai jenis tools, seperti multi cameras atau True Car yang disertai radar untuk menangkap objek secara 3D. Hasilnya tentu saja dapat dilihat di aplikasi HERE yang dapat di-download secara gratis di perangkat Android, Windows Phone, dan iOS (segera hadir). Belum lama ini, tepatnya 3 Januari 2015, komunitas ini berkumpul dalam satu event di gedung Nokia. Selain menjadi ajang diskusi antaranggota, event ini sekaligus memperkenalkan 5 Map Master gelombang kedua dari HERE Expert Community Indonesia yang terdiri atas mahasiswa ITS, UnDip, UnSoed dan masyarakat umum. [1] Misi dan tujuan Salah satu yang membanggakan dari komunitas HERE Expert Indonesia ini adalah kontribusinya yang paling besar di antara komunitas HERE lainnya di negara lain. Salah satu tujuan dikembangkannya HERE Expert Community ini adalah membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi peta publik yang akurat dan terbarukan di wilayah dengan informasi spesial yang terbatas dengan melibatkan peran serta masyarakat, serta sarana kreatif untuk mempromosikan berbagai potensi sumber daya daerah, seperti pariwisata dan pendidikan. Dan bagi mahasiswa sendiri adanya komunitas ini tentunya memberikan pengalaman lebih bagaimana mengaplikasikan pengetahuan akademis di dunia profesional. Selain itu, untuk ke depannya HERE akan semakin merambah di berbagai kendaraan masa depan untuk kebutuhan Connected Car. Facebook-nya yang beralamat di www.facebook.com/ groups/HEREExpertCommunityIndonesia sudah memiliki sekitar 1070-an anggota, cukup meningkat karena usianya yang belum lama. Bagi masyarakat yang ingin menjadi anggota, bisa mengirimkan email request ke idecpteam@HERE.com agar bisa turut berkontribusi dalam pengembangan HERE Maps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *