Categories
Berita

Menu Beragam Dari Chef Ala Jasa Catering Sehat Jakarta

Stoica.id – Menu Beragam Dari Chef Ala Jasa Catering Sehat Jakarta. Jimmy Lo Hamzah Chef Owner Bali James, Breda-Netherland. Sungguh membanggakan bahwa di Breda, Belanda terdapat restoran Indonesia yang dinilai sebagai salah satu resto Asia terbaik. Orang-orang papan atas, mulai dari pembalap terkenal sampai gubernur pernah makan di sini mencicipi ikan bakar jimbaran, ayam panggang bumbu rujak, sampai cendol.

Di balik kesuksesan resto ini ada sang pemilik sekaligus chef yang luar biasa andal. Mari kita mengenalnya. Adalah Jimmy Lo Hamzah sang pemilik resto yang dinamai Bali James ini. Letak restonya di kota kecil, Breda sebelah selatan Belanda, atau sekitar 100 kilometer dari Brussel dan Amsterdam. Resto garapannya berhasil menjadi salah satu dari 25 resto Asia terbaik di Belanda versi portal berita brabantnieuws.net. Bahkan sirrestaurants.nl dan en.iens.nl, dua situs review terkemuka di sana memberi banyak bintang pada restoran ini.

Jago masak sekaligus jago berbisnis

Sebelum bernama Bali James, resto ini dulu dikenal sebagai Bali Restaurant, dijalankan kedua orang tua Jimmy. Tahun 2004 Jimmy mengambil alih sekaligus memasukkan gaya marketing yang berbeda plus rancangan menu yang diperbaharui. Untuk itu ia melatih brigade dapurnya yang berjumlah 40 orang dengan telaten, namun berdisiplin tinggi.

Sebelum meluncurkan menu barunya, koki berusia tiga puluh tujuh tahun kelahiran kota Oosterhut, Netherland ini merasa perlu mencoba resep-resepnya terus menerus. “Tiap resep dicoba lebih dari 10 kali. Karena saya ingin hidangan Indonesia yang otentik,” aku Jimmy. Meski sudah mengantongi ijazah Le Cordon Blue di London tahun 2003, Jimmy tetap sadar bahwa ia perlu belajar keras dan mengasah keahliannya.

Terutama dalam mengolah masakan Indonesia yang menurutnya sama sekali bukanlah perkara mudah. Apalagi ia lahir dan besar di luar negeri. Ia kemudian memilih mengambil jalur lain untuk memperdalam kemampuannya memasak dan mengenal hidangan lokal dengan sekolah kembali di STP Trisakti Jakarta. Dua ijazah itu belum cukup bagi Jimmy. Karena ia tak mau hanya jago memasak, tetapi lemah dalam berbisnis.

Untunglah ia juga mengantongi ijazah master di bidang marketing dari kampus Erasmus University Rotterdam, sebuah kampus bisnis terkenal di Belanda. Untuk memperkuat konsepnya, ia melabeli kata “james” yang disematkan sebagai bendera restorannya. Kata ini diambil dari terjemahan bahasa Inggris “jimmy”, yang merupakan namanya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *