Categories
Berita

Syarat Bangunan Rumah yang Aman dan Nyaman

keUNtUNGAN StRUktUR BeSI HoLLow

Rumah ini menggunakan besi hollow 6/12 dengan ketebalan 3 mm sebagai sistem struktur, mulai kolom utama, pembalokan, hingga seluruh sistem struktur atap. Apa kelebihan dari besi hollow sehingga ia layak digunakan untuk struktur?

  • Besi kekuatan dan kekakuan karena sistem konstruksinya hollow memenuhi syarat komprehensif serta memiliki sistem sambungannya yang sederhana.
  • Lebih cepat dalam pengerjaan: 4 hari selesai hingga naik konstruksi atap, 2 minggu selesai total seluruh struktur. Bandingkan dengan konstruksi beton: 28 hari pengecoran dan kurang lebih 2 bulan untuk menyelesaikan konstruksi sederhana hingga atap.
  • Harganya lebih murah 1,5 kali ketimbang struktur yang dibuat dari beton, lebih murah 2 kali dari kayu dan 3 kali dari baja.
  • Lebih ramah lingkungan. Material ini mereduksi total material lain yang biasa digunakan untuk struktur, seperti besi batangan, pasir, papan cor, semen, dan lainnya. Material ini juga mereduksi total limbah industri dan efisien dalam sistem pengangkutannya.

SwAkeLoLA SAMpAH dAN pANeN HUjAN

“Di kampung ini, kami harus mandiri mencari sumber air bersih karena di sini belum ada jaringan air bersih dari pemerintah. Juga tak ada tempat pembuangan sampah, bahkan kami juga harus mengelola air kotor kami sendiri sebab jalanjalan tidak memiliki selokan. zJadi kami harus memikirkan itu semua. Bukan semata-mata karena kami peduli dengan lingkungan, tapi juga karena tuntutan keadaan,” tutur Ruth. Berikut ini 2 hal yang mereka terapkan.

  • Pasangan ini mengelola sistem ”pemanen air hujan” yang mereka terapkan dengan mengadaptasi teknologi pemanen air hujan sederhana yang dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Nasional bernama Zero Delta Q Technology. Dengan sistem yang mereka kembangkan, bukan saja mendapat cadangan air untuk keperluan sehari-hari (misalnya menyiram pohon) juga memiliki air untuk membasahi atap saat hari panas (untuk menurunkan suhu di dalam rumah), juga menambah cadangan air tanah di musim kemarau.
  • Swakelola sampah dilakukan dengan memisahkan sampah berbasis pastik dan sampah kertas untuk dikirim dan didaur ulang di tempat penampungan sampah daur ulang lokal. Mereka juga membuat biopori di halaman samping dan belakang untuk pengelolaan sampah organik menjadi kompos. Biopori juga dimanfaatkan sebagai sarana “selokan” sekaligus penetrasi air ke dalam tanah untuk menambah cadangan air tanah.
  • Rumahnya di bekali dengan genset berkualitas. Dengan adanya genset pemilik rumah ini tidak khawatir lagi bila terjadi pemadaman listrik dirumah. Genset di supply dari Supplier jual genset jakarta terpercaya yakni PT Rajawali Indo Utama

deSAIN AS GeNeRAtoR

Martin L. Katoppo meraih gelar Sarjana Arsitektur sebagai lulusan terbaik dari Universitas Kristen Indonesia pada 1998 dan lulusan terbaik program Magister Teknik Arsitektur di Institut Teknologi Bandung pada 2001. Kelahiran Jakarta, 31 Oktober 1975 ini sempat berkarya sebagai arsitek selama beberapa tahun, kemudian kembali ke dunia akademik, mengajar paruh waktu sebagai dosen di Jurusan Desain Interior Fakultas Desain dan Teknik Perencanaan, Universitas Pelita Harapan, Tangerang. Sambil mengajar ia tetap berkarya sebagai arsitek. Sementara istrinya, Ruth Euselfvita Oppusunggu mendapat gelar Sarjana Arsitektur dari Universitas Trisakti pada tahun 1998 dan menyelesaikan program Magister Teknik Arsitektur di Institut Teknologi Bandung pada tahun 2001. Semenjak meraih gelar sarjana, Ruth sudah mempraktikkan ilmunya hingga menjadi arsitek senior dalam sebuah perusahaan konsultan desain yang digagas bersama beberapa rekan.

Martin dan Ruth bertemu pada tahun 1999, berumah tangga hingga memiliki 2 orang anak, sekaligus menjadi partner dalam menjalani profesi sebagai arsitek. Pada tahun 2010 Ruth menggagas konsultan desain bernama R(uth)D(esign)A(ssociates) 200RumahBesi bersama suaminya. Nama RDA 200RumahBesi diambil dari hunian yang mereka wujudkan. Sementara, Martin menggagas DAG, Design As Generator, sebagai ruang berbagi informasi desain aplikatif berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya masyarakat kampung dan menengah ke bawah. Anda dapat mengaksesnya di www.dagedubrag. org. Website ini bertujuan untuk membuka wawasan masyarakat mengenai rumah murah yang ramah lingkungan serta berisi berbagai pengalaman saat Martin dan Ruth membangun 200 Rumah Besi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *